Wednesday 19 August 2015

Modular Kirigami (Yin Yang)

Modular kirigami adalah bentuk yang tersusun dari sejumlah potongan kertas yang sama tanpa melakukan proses melipat maupun mengelem. Berikut ini adalah contoh modular kirigami.

Modular kirigami
Sumber: http://www.georgehart.com

Kali ini kita akan membuat simbol Yin Yang. Tentu kalian pernah mendengar istilah Yin Yang. Pada simbol, Yin berupa sisi hitam dengan titik putih dan Yang berupa sisi putih dengan titik hitam. Secara harfiah, Yin berarti tempat yang teduh, sedangkan Yang berarti tempat yang cerah atau terang. Dalam filosofi Cina, Yin Yang yang memiliki nama lengkap Yin Yang Mao Dun Guan mendeskripsikan sifat kekuatan yang berlawanan di dunia ini, tetapi saling melengkapi. Yin dan Yang haruslah seimbang agar timbul keselarasan dalam kehidupan. Yin Yang menggambarkan wanita-pria, malam-siang, dingin-panas, basah-kering, dan hal berlainan lainnya yang akan selalu ada dalam kehidupan.

Taijitu, simbol Yin Yang
Sumber: http://upload.wikimedia.org

Sekarang ini, filosofi Yin Yang digunakan sebagai pedoman dalam pengobatan Cina dan menjadi prinsip dalam seni bela diri Cina, seperti Baguazhang, Tai Chi, Chi Kung, dan ramalan Ching.

Bagaimana, menarik bukan? Nah, berikut ini dipaparkan langkah-langkah membuat simbol tersebut.

1. Siapkan kertas (kertas tebal lebih baik). Buatlah pola berikut sebanyak 10 buah. Kalian dapat menyiapkan 5 pola dengan warna terang dan 5 pola dengan warna gelap (pola warna-warni juga bisa). Garis putus-putus adalah garis yang ditekuk saat penggabungan kesepuluh pola.


Sumber: http://4.bp.blogspot.com
Sumber desain: Oschene (Philip Chapman-Bell)
Bagi yang ingin mendownload pola template, silakan klik link ini: Yin Yang


2. Pada gambar berikut, terdapat 10 pola yang sudah digunting. Lima pola warna hijau (atas) dan lima pola warna kuning (bawah). Potongan paling kanan menunjukkan bahwa gambar pola berada di baliknya.


3. Tekuk ke belakang kesepuluh potongan sesuai dengan garis lipatan.




4. Ambil potongan kuning, kemudian kaitkan potongan hijau (kepala ke atasnya).


5. Ambil potongan kuning berikutnya, kemudian kaitkan ke potongan pertama (kepala paling atas).


6. Lakukan hal yang sama dengan warna bergantian berlawanan arah putaran jarum jam sehingga diperoleh bentuk melingkar.


7. Balikkan bentuk melingkar tersebut hingga potongan putih menghadap atas.


8. Angkat salah satu bagian kepala ke tengah.


9. Angkat kepala di sebelah kirinya, kemudian kaitkan (kepala di atas).


10. Lakukan langkah 9 secara berurutan dengan pengambilan kepala berlawanan arah jarum jam. Setiap bagian kepala yang dikaitkan selalu berada paling atas. Bentuk Yin Yang pun diperoleh.




Jika proses pembuatan Yin Yang dilakukan secara berurutan dimulai dari 5 pola hijau, kemudian 5 pola kuning, hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.




Daftar Pustaka:
Klik link ini

No comments:

Post a Comment