Sunday 16 August 2015

Kirigami Sebagai Ornamen





Kartu pop-up adalah salah satu contoh penerapan kirigami. Selain pada kartu yang menarik tersebut, kita juga dapat menemukan karya seni ini secara kasat mata. Jika kita memperhatikan ruangan atau benda-benda, bukan tidak mungkin padanya terdapat ornamen kirigami. Sejumlah gambar berikut merupakan contoh pendayagunaan kirigami.  

1. Lampu Modular Kirigami

Sumber: http://farm4.static.flickr.com

          Modular kirigami di atas didesain oleh George W. Hart dengan judul “Meanders”, kemudian seseorang memiliki ide kreatif untuk menjadikannya sebuah lampu yang menakjubkan. Bentuk tiga dimensi tersebut tersusun dari 20 pola yang sama tanpa lipatan dan tanpa lem. Polanya sendiri adalah bentuk meliuk berikut:


Sumber: www.georgehart.com­

2. Desain Kanako Yaguchi
Pada bab pertama, kita sudah mengenal sosok Kanako Yaguchi. Ia memanfaatkan pengetahuan kirigaminya untuk membuat desain yang diterapkan pada benda-benda, seperti tas, wadah, aksesoris, pakaian, dan lain-lain. Kalian dapat melihatnya pada gambar berikut. 


Pameran hasil karya Kanako Yaguchi
Sumber: http://pingmag.jp

           

3. Hiasan dinding
Cara sederhana dalam mengabadikan hasil karya kirigami dua dimensi kita adalah dengan menempelkannya di dinding. Berbagai bentuk kirigami beraneka warna dapat memanjakan mata kita saat merasa jenuh.



Berbagai bentuk kreasi kirigami yang menghiasi dinding
Sumber: http://www.malinamalina.com

Daftar Pustaka:
Klik link ini 

No comments:

Post a Comment