Tuesday 18 August 2015

Katak

Minimal usia: 15 tahun

Siapa yang tidak tahu katak? Atau tahunya kodok? Horor sih masih rada bingung membedakannya di dunia nyata, he he. Yang pasti baik katak maupun kodok termasuk dalam kelompok amfibi, hewan yang hidup di dua alam, yaitu di air dan di darat. Hewan ini mengalami metamorfosis sempurna. Berawal dari telur, lalu berudu (kecebong), katak berekor, lalu katak dewasa.

Oke, kali ini kita akan membuat kirigami katak. Karena ada penggunaan cutter, sebaiknya usiamu minimal 15 tahun. Atau jika tetap ingin membuatnya, mintalah bantuan orang dewasa. Untuk membuat model lipatannya, klik pada kata "model lipatan I", kemudian ikuti langkah-langkah melipat pada laman tersebut.

1. Siapkan kertas persegi. Buat model lipatan I.


2. Lipat dua ke atas.


3. Buat pola berikut. Jika kertas yang digunakan bercorak, kita dapat menggambar pola pada kertas putih terlebih dahulu.


Sumber: www.clker.com


4. Simpan pola pada kertas putih ke atas lipatan kertas bercorak. Agar lebih mudah dalam menggunting, kita dapat menstapler kertas pola dan lipatan kertas di bagian luar gambar.


5. Potong terlebih dahulu bagian tengah, seperti mata, mulut, dan pada kaki dengan cutter. Dengan distapler, menghilangkan pola bagian tengah menjadi mudah karena kertas tidak bergerak-gerak.


6. Selanjutnya, gunting pola bagian luar hingga diperoleh bentuk berikut. Pisahkan pola putih dengan kertas bercorak.


7. Buka lipatannya. Gambar yang semula adalah katak tampak seperti kupu-kupu.



8. Balikkan kertas. Tampak empat katak yang menghadap arah berlawanan.


Daftar Pustaka:
Klik link ini

No comments:

Post a Comment