Sunday 16 August 2015

Mengenal Kirigami





Saat di sekolah dasar, tentu kita pernah belajar melipat-lipat kertas hingga hasil akhir lipatan membentuk sesuatu, seperti hewan, bunga, dan benda-benda. Seni melipat kertas tersebut bernama origami. Kesenian kertas ini berasal dari Jepang yang kemudian mendunia, bahkan menjadi karya seni yang dipelajari di sekolah-sekolah dasar sebagai bahan ajar untuk melatih motorik dan daya kreativitas anak. Kesenian ini semakin berkembang dan bukan hanya diminati oleh anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Di Indonesia sendiri terdapat komunitas origami yang mewadahi para anggota untuk dapat saling bertukar ilmu tentang origami.

Seiring dengan mendunianya origami, Jepang juga memperkenalkan seni lain yang tidak kalah indahnya. Kesenian ini dinamakan dengan kirigami. Istilah kirigami berasal dari kata “kiru” yang berarti memotong dan “kami” yang berarti kertas. Jadi, kirigami adalah seni memotong kertas.

                
Karya seni origami                                                    
Sumber: www.thenug.com                                                     




Karya seni kirigami
Sumber: http://2.bp.blogspot.com

Dalam kirigami, terdapat kombinasi antara kreasi melipat dan memotong kertas. Dapat dikatakan, kirigami merupakan modifikasi dari origami. Pada umumnya, proses pembuatan kirigami dimulai dengan melipat kertas beberapa kali, mengguntingnya sesuai dengan bentuk tertentu, dan langkah terakhir adalah membuka lipatan.      
Karya seni kirigami ini dapat kita lihat pada kartu pop-up. Kartu ini biasanya digunakan sebagai kartu ucapan atau kartu undangan.




Kartu pop-up
Sumber: http://www.apartmenttherapy.com

Kartu pop-up ini juga bisa kita jadikan sebagai sarana untuk mengungkapkan rasa sayang terhadap orang tua, teman, atau pasangan. Kita bisa membuatnya sendiri dengan bahan sederhana, yaitu kertas. Alat-alatnya pun mudah diperoleh, seperti pensil, penggaris, penghapus, gunting atau cutter, dan lem.

Bahan dan alat memang sederhana, namun untuk membuatnya diperlukan ketelitian dan kesabaran. Terkadang sebuah kirigami yang rumit membutuhkan waktu berjam-jam dalam menyelesaikannya. Seberapa rumit potongan atau guntingan bergantung pada desain yang kita buat. Desain sederhana dapat diselesaikan dalam waktu cepat, sedangkan desain yang lebih rumit membutuhkan kombinasi dari kesabaran, ketelitian, dan keterampilan tangan untuk menyelesaikannya.

Pada dasarnya, semakin kita mempelajari kirigami, semakin kita terpacu untuk menciptakan karya-karya yang lebih indah dan memesona. Siapa pun yang sudah mampu menggunting dapat membuat kirigami, anak-anak hingga orang dewasa, bahkan para lanjut usia. Kepuasan, kebahagiaan, kreativitas yang meningkat, dan tangan yang semakin terampil adalah bonus yang bisa diperoleh setelah berkreasi dengan kirigami. Kirigami adalah seni dan karya seni pada hakikatnya adalah keindahan yang memesona dan menenteramkan.  

Kanako Yaguchi,  Sang Seniman Kirigami



Kanako Yaguchi
Sumber: www.jpf.org.au

Jepang memiliki seorang seniman kirigami terkenal bernama Kanako Yaguchi. Dosen dari universitas seni di Jepang ini menciptakan karya-karya yang rumit dan bernilai seni tinggi. Selain di Jepang, ia melanglang buana membawa kertas dan gunting dengan tujuan memperkenalkan seni kertas kirigami ke dunia. Ia mengunjungi Rusia, Kirgizstan, Uzbekistan, Vietnam, Australia, dan beberapa negara lainnya. Di sana, seniman kelahiran 1976 ini mengadakan sebuah workshop dan pameran kirigami hasil karyanya. Para pengunjung dapat melihat kreasinya dan memperhatikan keahlian tangannya dalam menggunting kertas hingga menjadi sebuah karya yang menakjubkan. Kirigami tidak hanya ia perkenalkan melalui workshop dan pameran, tetapi juga melalui buku-buku kirigami yang ia tulis. Buku-buku tersebut berisi langkah-langkah pembuatan kirigami yang dipaparkan secara rinci beserta ilustrasi yang memudahkan pembaca untuk mengikuti petunjuknya. Sejumlah desain yang ia buat terinspirasi dari perjalanannya selama ke Jepang, Cina, Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya.
   
    
Beberapa buku karya Kanako Yaguchi
Sumber: www.yorokobinokatachi.com

          Beberapa bukunya sudah ada yang diterjemahkan dalam bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris, sehingga masyarakat dunia dapat lebih mudah dalam memahami dan mempelajari isinya.




Kirigami karya Kanako Yaguchi
Sumber: http://uponafold.com.au dan http://cache21.indulgy.net

Daftar Pustaka:
Klik link ini

No comments:

Post a Comment